Kumpulan Soal Ulangan Harian, UTS, UKK, dan Ujian Nasional

Bahas Soal Materi Jarak, Kecepatan, dan Waktu Matematika SD

Menghitung Jarak, Kecepatan, dan Waktu : Assalamualaikum,,, mumpung masih dalam keadaan sehat dan kami Nadi Guru masih semangat untuk berbagi pengetahuannya. Kali ini, Nadi Guru akan berbagi tentang Bahas Soal Materi Jarak, Kecepatan, dan Waktu Matematika SD. Biasanya, soal ini seringkali muncul dalam Ujian Nasional (UN) yang kini namanya berubah menjadi Ujian Sekolah/Madrasah (US/M).
Bahas Soal Materi Jarak, Kecepatan, dan Waktu Matematika SD
Sebelum menuju ke pembahasan soal, alangkah baiknya terlebih dahulu kita menengok dulu rumusnya. Hal ini diperlukan agar mempermudah kita dalam mengerjakan soalnya. Nah, untuk rumus yang perlu diingat dalam mengerjakan soal yang berhubungan dengan jarak, Kecepatan, dan Waktu adalah sebagai berikut :
Jarak (J) = Kecepatan (K) x Waktu (W)
Kecepatan (K) = Jarak (J) : Waktu (W) 
Waktu (W) = Jarak (J) : Kecepatan (K)

*Catatan : Rumusnya diingat ya!!!


1. Pak Fredi mengendarai mobil dengan kecepatan rata-rata 16 km/jam. Ia berangkat dari rumah pada pukul 05.30 dan tiba di rumah Ustad Uung pukul 09.45, jarak yang ditempuh Pak Fredi adalah...
A. 58 km
B. 72 km                    
C. 64 km
D. 68 km

Pembahasan :
Nah, setelah tadi kita mengingat kembali rumusnya bahwa rumus mencari Jarak (J) itu adalah Kecepatan (K) x Waktu (W) atau J = K x W.
Diketahui jika Kecepatannya adalah 16 km/jam. Sementara waktunya 09.45 – 05.30 adalah 4 jam 15 menit atau 4 1/4 jam atau 17/4 jam. Nah, sekarang kita masukkan dalam rumus yang tadi.
J = 16 km x 17/4 jam
= 68 km/jam
Jadi, jarak yang ditempuh oleh Pak Fredi adalah 68 km/jam.
Jawaban : D

2. Jarak Pelabuhan Ratu – Sukabumi adalah 60 km, ditempuh oleh Dede dengan menggunakan sepeda motor yang berkecepatan 40 km/jam. Lama perjalanan Dede adalah …
A. 1 jam 15 menit
B. 1 jam 30 menit
C. 1 jam 20 menit
D. 1 jam 45 menit

Pembahasan :
Diketahui jaraknya adalah 60 km dan kecepatannya 40 km/jam. Sementara kecepatannya yang ditanyakan.
W = J : K
     = 60 km : 40 km/jam (*km-nya coret karena km : km, yang tersisa adalah jam)
     = 60 : 40 = 1,5 jam atau 1 jam 30 menit.
Jadi, lama perjalanan atau waktu yang ditempul oleh Dede adalah 1 jam 30 menit.
Jawaban : B

*Catatan : Insya Alloh info terkait dengan Bahas Soal Materi Jarak, Kecepatan, dan Waktu Matematika SD akan diupdate lagi di kemudian waktu dengan menambahkan soal dan pembahasannya.

0 comments:

Post a Comment