Bahas Soal UN Matematika 6 SD Pada Soal Cerita Operasi Hitung Bilangan Bulat

Soal Cerita Operasi Hitung Bilangan Bulat : Assalamualaikum,,, masih bersama Nadi Guru. Kali ini, Nadi Guru akan berbagi tentang pembahasan Soal UN Matematika 6 SD pada soal cerita operasi hitung bilangan bulat.
Bahas Soal UN Matematika 6 SD Pada Soal Cerita Operasi Hitung Bilangan Bulat
Sebagaimana dalam soal biasa, pengerjaan soal cerita pun harus menuruti aturan pengerjaannya yaitu, sesuai dengan urutannya adalah kerjakan dulu yang berada dalam tanda kurung, kemudian kali atau bagi (paling kiri), kemudian tambah atau kurang (paling kiri).
Yang harus diperhatikan juga dalam mengerjakan soal cerita pada operasi hitung bilangan bulat adalah harus benar dalam menafsirkannya ke dalam bentuk kalimat matematikanya.
Nah, untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasan di bawah ini!

1. Pak Dani memiliki 60 ayam, dijual ke pasar 15 ayam. Sisanya dibagikan kepada 5 orang anaknya dengan sama banyak. Berapakah masing-masing anaknya menerima ayam tersebut? …
A. 70 ayam
B. 57 ayam
C. 50 ayam
D. 9 ayam

Pembahasan :
Untuk mengawali pengerjaan soal cerita di atas, terlebih dahulu kita harus menuliskannya dalam bentuk kalimat matematika. Ingat ya! Penulisan kalimat matematikanya harus benar. Jika tidak, maka nanti pengerjaan dan isinya akan salah.
Untuk kalimat matematikanya yaitu (60 – 15) : 5 = …
Langkah pertama yang harus dikerjakan adalah yang berada dalam tanda kurung yaitu 60 – 15 adalah 45. Kemudian dibagi 5 atau 45 : 5 adalah 9.
Jadi, masing-masing anaknya memperoleh bagian yang sama yaitu 9 ekor ayam.
Jawaban : D

2. Ibu Annisa membeli 15 kotak pensil. Setiap kotak berisi 12 buah. Pensil itu diberikan kepada 9 orang anak dengan mendapatkan bagian yang sama banyak. Banyak pensil yang diterima setiap anak adalah …
A. 20 buah
B. 25 buah
C. 30 buah
D. 35 buah

Pembahasan :
Kalimat matematikanya adalah (15 x 12 ) : 9 = …
Langkah pertama, kita kalikan dulu yaitu 15 kali 12 hasilnya adalah 180. Setelah itu dibagi kepada 9 anaknya, dalam matematika yaitu 180 : 9 adalah 20.
Jadi, banyak pensil yang diterima setiap anak adalah 20 buah.
Jawaban : A
3. Bu Anastasya membeli 120 kantong beras. Setiap kantongnya berisi 5 kilogram. Kemudian, sebanyak 40 kilogram diberikan kepada Bu Tsani. Dan sisanya diberikan kepada 40 orang tetangganya dengan sama banyak. Berapa kilogram masing-masing tetangganya menerima beras tersebut?
A. 55 kilogram
B. 24 kilogram
C. 15 kilogram
D. 14 kilogram

Pembahasan:
Kalimat matematikanya adalah (120 x 5 – 40) : 40 = …
Nah, untuk soal ini karena di dalam tanda kurungnya ada operasi hitung perkalian dan pengurangan. Maka yang dikerjakan terlebih dahulu adalah perkalian yaitu 120 x 5 adalah 600. Kemudian, 600 dikurangi 40 adalah 560.
Setelah itu, barulah sisanya dibagi dengan 40 atau 560 : 40 adalah 14.
Jadi, masing-masing tetangganya menerima beras sebanyak 14 kilogram.
Jawaban : D

*Catatan : Jika ada kesempatan di lain waktu, Insya Alloh artikel tentang Bahas Soal UN Matematika 6 SD Pada Soal Cerita Operasi Hitung Bilangan Bulat akan diupdate kembali dengan menambahkan soal dan pembahasannya. Terima kasih… 

0 Response to "Bahas Soal UN Matematika 6 SD Pada Soal Cerita Operasi Hitung Bilangan Bulat"

Post a Comment