Contoh Soal Pemilihan Siswa Berprestasi B. Indonesia Tingkat SD

loading...
Contoh Soal B. Indonesia Pemilihan Siswa Berprestasi Tingkat SD : Assalamualaikum,,, Dalam melakukan pemilihan terhadap siswa berprestasi, biasanya akan melewati sebuah tes tulis. Nah, bagi yang kebetulan dari sekolahnya ditunjuk sebagai perwakilan untuk mengikuti pemilihan siswa berprestasi. Di bawah ini adalah beberapa contoh soal pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Di mana, kunci jawabannya bisa dilihat di akhir setelah  soal.

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1.  Kalimat yang menggunakan tanda baca titik (.) dengan tepat terdapat pada ...
A. H.j. Rima sedang melaksanakan ibadah haji yang kedua kalinya.
B. Pesawat Air Asia tujuan Jakarta lepas landas pukul 18.30.40.
C. Anggota D.P.R.D akan mengadakan rapat di gedung D.P.R.
D. PMI. melaksanakan kegiatan sosial untuk menolong masyarakat Indonesia.

2. Keluarga saya senang membaca. Ayah membaca buku politik dan sejarah orang-orang besar, ibu membaca majalah kerumahtanggaan, kakak suka novel, adik suka membaca komik, paman suka membaca buku-buku bisnis, sedangkan saya sendiri senang membaca buku pendidikan.
Simpulan yang tepat untuk teks tersebut adalah ....
A. Membaca buku politik dan sejarah orang-orang besar adalah hobi keluargaku
B. Keluargaku hobi membaca buku yang berkaitan dengan pendidikan
C. Ayah dan ibu mewajibkan anak-anaknya membaca buku yang berbeda-beda
D. Keluargaku senang membaca dengan jenis bacaan yang berbeda-beda

3. Bacalah pantun di bawah ini!
Kalau tuan mandi ke hulu
Ambilkan saya bunga kamboja
Kalau tuan mati dahulu
Nantikan saya di pintu surga

Maksud isi pantun tersebut adalah ....
A. Kalau tuan meninggal terlebih dahulu, saya ikut ke surga
B. Kalau tuan meninggal terlebih dahulu, tunggulah saya di surga
C. Kalau tuan meninggal lebih dahulu, saya menanti di surga
D. Kalau tuan meninggal lebih dahulu, saya menunggu di surga

4. Bacalah pantun di bawah ini!
Padam lampu di malam hari
Tak ada pelita pasanglah lilin
Jika ingin meraih prestasi
Rajinlah belajar dan disiplin

Jenis pantun tersebut adalah ....
(A) nasihat                  (C) duka cita
(B) suka cita                (D) jenaka

5. Kalimat yang menggunakan tanda pisah dengan tepat adalah …
A. Raisa berhasil meraih juara ke-2 pada lomba baca puisi.
B. Pohon-pohon yang menghalangi jalan ditebang petugas.
C. Perjalanan Surabaya − Jember  membutuhkan waktu 6 jam.
D. Ibu membeli lauk-pauk dan sayur-sayuran di pasar.

6. Kalimat yang dilengkapi dengan keterangan waktu adalah ...
A. Jantika mengerjakan PR dengan teliti.
B. Adikku menangis karena jatuh.
C. Besok ayah akan pergi ke Makasar.
D. Rio dan teman-temannya menuju ke perpustakaan.

Teks untuk menjawab soal nomor 7 - 10.
Malam harinya, Adi tidak bisa tidur. Ia dihantui perasaan bersalah. Ia merasa berdosa pada Ibu karena telah berbohong. Ia merasa bersalah pada belang, kucingnya. Belang tidak bersalah dijadikan tersangka. Ah ....
Esok harinya, Adi memberanikan diri untuk berbicara kepada Ibu. “Mm ...., maaf, Bu. Adi telah membuat Ibu sedih,” katanya. “Sedih ....? Ibu tidak sedih! Mengapa kamu pikir Ibu sedih?” tanya Ibu dengan sedikit keheranan. “Mm ... vas bunga Ibu, kan, pecah. Apakah Ibu tidak merasa kehilangan?” tanya Adi. “Ooo, itu...! Tentu saja tidak. Sudah waktunya vas bunga itu pecah, jadi Ibu tidak memikirkannya lagi.” Adi tampak tambah tertekan, kemudian ia berkata, “Bu .... aku mau terus terang, tapi Ibu jangan marah ya.”
Ibu tersenyum dan berkata, “Tentu saja tidak. Katakan saja!” Adi berbicara terputusputus. “Ng ... sebenarnya ... Bu, yang memecahkan vas bunga itu bukan belang, Bu. Akulah yang memecahkannya. Aku main bola di dalam rumah dan bola itu mengenai vas bunga itu. Maafkan, aku Bu...” Ibu merangkul Adi dan berkata, “Yah, sebenarnya Ibu sudah curiga, bukan belang yang memecahkannya. Ibu menunggu jawaban jujur dari Adi. Bagi Ibu kejujuran lebih berharga daripada vas bunga. Berkata jujur membuat hati tenteram. Sebaliknya, berbohong membuat kita resah. Jika sekali kita berbohong, kita akan berbohong lagi lagi untuk menutupi kesalahan kita. Pembohong adalah seorang pengecut. Orang yang berkata jujur adalah pemberani sejati.” Adi terdiam dan merasa lega.

7. Tokoh utama cerita tersebut adalah .…
(A) Adi                       (C) Belang
(B) Ibu                                    (D) Ayah

8. Latar tempat cerita tersebut adalah .…
(A) kelas                      (C) rumah
(B) halaman                 (D) lapangan

9. Amanat yang terkandung dalam drama tersebut adalah .…
(A) Kejujuran harus dilakukan saat terdesak
(B) Kita harus melimpahkan kesalahan kepada orang lain
(C) Berbohong boleh dilakukan dalam situasi apapun
(D) Kita harus mengakui kesalahan meskipun menyakitkan

10. Tanggapan yang tidak tepat untuk teks tersebut terdapat pada ….
(A) Sebaiknya Adi tidak berbohong kepada ibunya
(B) Menurut saya, berbohong boleh dilakukan
(C) Sebaiknya Adi mengakui kesalahan yang ia lakukan
(D) Aku bangga kepada Adi yang mau mengakui perbuatannya

11. 1) Menuliskan pokokpokok isi buku
2) Membuat ringkasan buku
3) Membaca judul buku
4) Membaca isi buku

Urutan yang tepat ketika akan meringkas isi buku adalah .…
(A)       3-4-1-2                                    (C)       4-2-3-1
(B)       3-4-2-1                                    (D)       4-3-2-1

12. Penggunaan tanda baca kurung yang tepat terdapat pada …
(A) Kakakku kuliah di (Unpad) Universitas Padjadjaran.
(B) KTP (Kartu Tanda Penduduk) ayahku hilang.
(C) Karena tidak membawa SIM (Surat Izin) Mengemudi, STNKku ditahan.
(D) Peristiwa (banjir bandang) lihat gambar menghancurkan desa.

13. Kata ulang sebagian tidak terdapat pada ….
(A) dedaunan
(B) pohon-pohonan
(C) mencari-cari
(D) lelaki

14. Meja-meja di kelas dipenuhi coretan.
Kata bergaris bawah menggunakan kata ulang ….
(A) utuh                      (C) semu
(B) sebagian                (D) berimbuhan

15. Berdasarkan hasil penelitian, binatang-binatang di Taman Safari bebas dari virus flu burung.
Dalam laporan pengamatan, kalimat tersebut termasuk ….
(A) tujuan                    (C) isi
(B) simpulan                (D) pengantar

16. Para warga menjauh dari lokasi kebakaran.
Antonim kata bergaris bawah adalah ….
(A)       menghindari    (C)       melihat
(B)       mendekat        (D)       mengabaikan

Teks untuk menjawab soal nomor 17-20.
Bangsa Mesir Kuno punya tradisi mengawetkan Raja Mesir yang meninggal dunia.  Caranya tubuh raja yang wafat dibalsem dengan getah pohon pinus, lilin lebah, dan minyak.  Getah pohon pinus mencegah bakteri menghancurkan tubuh.  Lilin lebah dan minyak melapisi tubuh raja agar tetap kering dan tidak kena air.
Mumi Raja Mesir lalu disimpan di dalam makam berbentuk piramida.  Mumi bangsa Mesir Kuno dapat awet selama 5.000 tahun.  Kenapa bangsa Mesir Kuno membuat mumi?  Hmm, soalnya, bangsa Mesir Kuno percaya manusia yang mati dapat hidup kembali jika dibuat mumi.
Piramida mumi Raja Mesir sering dirampok karena piramida berisi banyak harta.  Emas, perak, dan benda berharga lainnya.  Pada tahun 1922 ditemukan piramida yang masih utuh.  Piramida itu berisi mumi Raja Tutankamen atau Raja Tut.  Selain berisi mumi Raja Tut, piramida itu berisi panah, kursi, emas, perak, dan 130 tongkat.
Sampai sekarang ilmuwan memiliki 16 mumi dari Mesir.  Ilmuwan meneliti seluruh mumi itu untuk mengetahui kehidupan raja-raja di Mesir.  Salah satu cara yang dipakai untuk meneliti mumi adalah uji DNA. Uji DNA dipakai untuk mengetahui gen makhluk hidup.  Hmm, kamu tahu, kan, gen terdapat di dalam sel tubuh makhluk hidup.  Gen membawa sifat makhluk hidup.  Gen juga dapat bercerita apa yang terjadi di dalam tubuh makhluk hidup.  Nah, ilmuwan mengambil sel tulang mumi untuk diuji DNA.
Bobo, 1 Juli 2010


17. Mengapa bangsa Mesir Kuno mempunyai tradisi mengawetkan raja mereka yang meninggal dunia?
(A) karena bangsa Mesir Kuno mengoleskan getah pohon pinus yang dapat mencegah bakteri menghancurkan tubuh raja
(B) karena bangsa Mesir Kuno percaya manusia yang sudah mati dapat hidup kembali jika dibuat mumi
(C) karena bangsa Mesir Kuno takut apabila emas dan perak milik raja mereka akan dirampok oleh bangsa lain
(D) karena bangsa Mesir Kuno menjadikan raja mereka sebagai sumber penelitian tentang kehidupan

18. Kalimat tanya yang sesuai dengan isi paragraf ke-3 adalah ...
(A) Berapa lama mumi bangsa Mesir Kuno dapat awet?
(B) Apa fungsi uji DNA yang dilakukan ilmuwan terhadap mumi?
(C) Kapan piramida yang berisi mumi Raja Tutankamen ditemukan?
(D) Mengapa harta milik raja yang wafat harus disimpan di dalam piramida?

19. Ide pokok paragraf ke-1 adalah ....
(A) Tradisi bangsa Mesir Kuno yang mengawetkan raja mereka jika sudah meninggal
(B) Getah pohon pinus dapat mencegah bakteri menghancurkan tubuh raja
(C) Lilin lebah dan minyak digunakan untuk melapisi tubuh raja agar tetap kering
(D) Tubuh Raja Mesir yang wafat dibalsem dengan getah pohon pinus, lilin lebah, dan minyak

20. Kalimat yang sesuai dengan isi paragraf ke-4 adalah ....
(A) Ilmuwan mengambil tulang mumi untuk diuji tes DNA
(B) Uji DNA merupakan salah satu cara untuk mengetahui kehidupan Raja Mesir
(C) Para ilmuwan memiliki 16 mumi yang berasal dari semua wilayah di dunia
(D) Salah satu cara yang dipakai ilmuwan untuk meneliti mumi adalah uji DNA

Kunci Jawaban

1.    B
2.    D
3.    B
4.    A
5.    C
6.    C
7.    A
8.    C
9.    D
10.  B
11.  A
12.  B
13.  B
14.  A
15.  B
16.  B
17.  B
18.  C
19.  A
20.  D


Demikian informasi yang bisa disampaikan. Semoga bermanfaat!!!

0 comments

Post a Comment