Soal IPS Kelas 7 Bab 3 - Usaha Manusia Memenuhi Kebutuhan

loading...
Soal IPS Kelas 7 Bab 3 - Usaha Manusia Memenuhi Kebutuhan : Sahabat Nadi Guru yang berbahagia, semoga kita dalam menjalani hidup ini selalu ada dalam kesehatan. Pada kesempatan ini, Nadi Guru melalui blog sederhana soal.nadiguru.web.id yang khusus untuk kumpulan soal akan menyajikan contoh soal ulangan harian.
Soal IPS Kelas 7 Bab 3 - Usaha Manusia Memenuhi Kebutuhan

Adapun soal ulangan harian ini yakni pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) untuk contoh Soal IPS Kelas 7 Bab 3 tentang Usaha Manusia Memenuhi Kebutuhan adalah sebagai berikut:

Wacana

Perjuangan Darti Mendapat Beras . . .

Darti (53) duduk di atas rumput di salah satu sudut balai kota. Ia menunggu sang suami, Jumadi (60), yang sedang antre pengobatan gratis, sambil menggenggam erat bungkusan putih di sampingnya. Isi bungkusan itu beras lima kilogram dan sebuah mi instan. Setelah beberapa puluh menit mengantre, akhirnya ia berhasil memperoleh sembako gratis.
”Berasnya bagus, saya bersyukur sekali bisa dapat beras ini. Sampai sujud syukur waktu terima giriknya,” katanya.
Dengan lima anak, Darti bersusah payah mencari uang karena sang suami sejak empat tahun terakhir tidak bisa lagi bekerja setelah jatuh sakit. Pesangon Rp200.000,00 yang diperoleh Jumadi saat berhenti kerja habis digunakan memperbaiki rumah mereka di tepi Sungai Bengawan Solo di Kelurahan Semanggi, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Solo, yang rusak terguncang gempa beberapa tahun lalu.
Darti bekerja serabutan mencuci, menyetrika pakaian, atau membuat bumbu karak. Upahnya Rp5.000,00 untuk sehari mencuci atau menyetrika. Kadang ia terpaksa meminta-minta apabila tidak ada orang yang membutuhkan tenaganya dan uangnya habis. Untung dua anaknya sudah menikah dan hidup terpisah. Dua anak lainnya yang putus sekolah membantu bekerja menjadi buruh sablon dan pembuatan pigura. Anak bungsunya masih duduk di kelas VI.
Sehari ia memasak satu kilogram beras untuk tujuh orang. Ia menanam kangkung dan pohon singkong di tanggul sungai untuk dimasak sebagai sayur. Lauk tidak mesti ada, yang penting ada nasi agar perut kenyang. ”Kadang saya beli lauk dengan uang Rp500,00 atau Rp1.000,00 kemudian kami makan bersama. Kadang-kadang bapak rela tidak makan agar anak-anak tetap bisa makan,” ungkapnya dengan tatapan sayu. Tidak banyak yang diminta Darti kecuali ia selalu diberi kesehatan agar bisa tetap bekerja dan tidak perlu keluar uang untuk berobat. Uluran tangan dari dermawan tentu sangat menggembirakannya, tetapi ia tidak banyak berharap. ”Kegiatan seperti ini sangat membantu kami,” tutur Darti merujuk pada acara pembagian sembako yang digelar Yayasan Amal Sahabat (YAS) Surakarta dalam rangka Maulid Nabi Muhammad saw. di kompleks Balai Kota Solo.
Sumber: Kompas

Setelah membaca wacana tersebut, kerjakan soal-soal berikut!
A. Pilihlah jawaban yang tepat!
1. Untuk mencari nafkah, Ibu Darti bekerja serabutan mencuci dan menyetrika pakaian. Sumber daya yang dimanfaatkan oleh Ibu Darti dalam usahanya mencari nafkah adalah . . . .
a. tenaga kerja, air, dan buatan
b. tanah, bahan tambang, dan air
c. kewirausahaan, modal, dan alam
d. modal, tanah, dan buatan

2. Dalam usaha memenuhi kebutuhan keluarga, Ibu Dartii rela mencari uang menggantikan suaminya yang jatuh sakit. Sikap Ibu Darti sebagai makhluk ekonomi yang pantas untuk ditiru adalah . . . .
a. penuh perhitungan
b. selalu memperhitungkan untung dan rugi
c. mau bekerja keras
d. suka menolong orang lain

3. Sebagai makhluk sosial, bentuk bantuan apakah yang dapat kamu berikan kepada masyarakat miskin seperti keluarga Ibu Darti?
a. Panggung hiburan.
b. Sumbangan bahan pokok.
c. Ucapan simpati.
d. Donor darah.

4. Manakah tindakan Ibu Darti berikut ini yang sesuai dengan prinsip ekonomi?
a. Mengantre beras.
b. Bekerja serabutan.
c. Meminta-minta bantuan tetangga.
d. Menanam singkong dan kangkung untuk sayur.

5. Kegiatan pembagian sembako yang dilakukan Yayasan Amal Sahabat memiliki motif . . . .
a. mencari keuntungan
b. sosial
c. mencari kekuasaan ekonomi
d. agar statusnya naik di mata masyarakat

6. Dampak positif adanya kegiatan pembagian sembako gratis terhadap kehidupan social masyarakat adalah menimbulkan . . . .
a. kecemburuan sosial
b. kesenjangan sosial
c. persaingan usaha
d. kesetiakawanan sosial

7. Keluarga Ibu Darti hidup di tepian Sungai Bengawan Solo. Usaha yang dapat dilakukan untuk memanfaatkan sumber daya sungai adalah . . . .
a. perikanan     c. kehutanan
b. industri        d. ekstraktif

8. Masalah ekonomi yang selalu dihadapi keluarga Ibu Darti sehari-hari adalah . . . .
a. cara menghasilkan produk yang efisien
b. cara mengelola pendapatan yang terbatas
c. cara menyampaikan barang tepat waktu
d. cara memperluas informasi mengenai barang dan jasa

9. Dengan penghasilan yang terbatas, Ibu Darti akan selalu membuat skala prioritas yang mendahulukan kebutuhan . . . .
a. pendidikan c. makanan (beras)
b. sosial           d. lauk-pauk bergizi

10. Kegiatan-kegiatan yang menunjukkan tindakan manusia sebagai makhluk sosial adalah . . . .
a. menanam singkong dan kangkung untuk mencukupi kebutuhan keluarga
b. mengikuti pengobatan gratis
c. menyelenggarakan pembagian sembako kepada keluarga miskin
d. membeli lauk dengan uang Rp500,00 atau Rp1.000,00

B. Jawablah pertanyaan dengan tepat!
1. Mengapa sebagai makhluk sosial kita perlu membantu orang yang membutuhkan seperti keluarga Ibu Darti? Jelaskan!
2. Sebagai makhluk ekonomi, usaha apakah yang dapat dilakukan Ibu Darti untuk meningkatkan ekonomi keluarganya?
3. Ibu Darti tidak berharap banyak kecuali agar selalu diberi kesehatan sehingga bisa bekerja. Jelaskan motif ekonomi dari bekerja!
4. Sebutkan kebutuhan yang bisa dipenuhi keluarga Ibu Darti dengan memanfaatkan sumber daya yang ada di lingkungan sekitarnya!
5. Apa yang dapat kamu pelajari dari kenyataan bahwa masih banyak masyarakat miskin sementara masyarakat lain hidup serbamewah?

Demikianlah informasi yang bisa disampaikan berkaitan dengan contoh Soal IPS Kelas 7 Bab 3 tentang Usaha Manusia Memenuhi Kebutuhan, yang bersumber dari Buku Bse Ilmu Pengetahuan Sosial SMP Kelas VII, Departemen Pendidikan Nasional. Semoga bermanfaat!!!

0 comments

Post a Comment