Soal Matematika Perbandingan dan Pembahasannya

Soal Matematika SD tentang Perbandingan dan Pembahasannya : Soal yang berkaitan dengan perbandingan pada mata pelajaran Matematika di Sekolah Dasar (SD), biasanya selalu hadir dalam Ujian Nasional (UN) atau Ujian Sekolah/Madrasah (US/M).
Hal yang perlu diketahui, bahwa rumus untuk mencari perbandingan adalah Ditanyakan/Diketahui x Soal.

Sebenarnya, ada langkah mudah untuk mengerjakan soal perbandingan ini. Yakni, yang pertama kali dimasukkan adalah Soal, yang kedua untuk Diketahui, dan yang ketiga adalah Ditanyakan. Agar mudah dimengerti, yu kita langsung saja pada soal dan pembahasannya.

Soal 1
Perbandingan banyaknya sepeda warna merah dengan sepeda warna putih di Lapang Dadaha adalah 5 : 3. Jika jumlah sepeda warna putih adalah 72 unit. Maka jumlah sepeda warna merah adalah … unit.

Pembahasan soal 1
72 unit adalah soalnya, jumlah sepeda warna putih adalah yang diketahuinya (3), dan yang ditanyakan adalah jumlah sepeda warna merah (5). Sehingga menjadi, 5/3 x 72.
Untuk menyelesaikan 5/3 x 72 bisa melalui dua cara, yakni :
Cara 1 : 5 dikali dulu dengan 72 yang hasilnya adalah 360, kemudian 360 dibagi 3 yang hasilnya adalah 120.
Cara 2 : 72 dibagi 3 hasilnya adalah 24, kemudian 24 dikali 5 hasilnya adalah 120.
Melalui kedua cara di atas hasilnya sama yakni 120.
Jadi, jumlah sepeda warna merah adalah 120 unit.

Soal 2
Perbandingan usia Ayah dan Bunda adalah 3 : 2. Jika jumlah usia Ayah dan Bunda adalah 55 tahun. Berapa masing-masing usia Ayah dan Bunda?
Pembahasan :
Rumus : Ditanyakan/Diketahui x Soal
Usia Ayah = 3/5 x 55 = 33 tahun
Usia Bunda = 2/5 x 55 = 22 tahun
Jadi, usia Ayah adalah 33 tahun dan usia Bunda adalah 22 tahun.

Soal 3
Bola yang berwarna kuning dengan bola yang berwarna hijau perbandingannya adalah 3 : 5. Jika jumlah bola yang berwarna hijau adalah 30, maka berapa jumlah bola yang berwarna kuning?
Pembahasan:
Rumus : Ditanyakan/Diketahui x Soal
Bola kuning = 3/5 x 30
= 30 bagi 5 adalah 6.
= 3 x 6 adalah 18.
Jadi, jumlah bola yang berwarna kuning adalah 18 buah.

Nah, sekarang silahkan adik-adik untuk mencoba mengerjakannya sendiri ya!
1. Perbandingan tinggi pohon Jati dan Mahoni adalah 2 : 3. Jika jumlah tinggi pohon Jati dan Mahoni adalah 75 meter. Berapa tinggi masing-masing pohon Jati dan Mahoni tersebut?
2. Perbandingan kelereng milih Tsani dan Anisa adalah 3 : 5. Jika jumlah kelereng milik Anisa adalah 45 buah. Berapa jumlah kelereng milik Anisa dan Tsani?

Demikianlah informasi yang bisa disampaikan berkaitan dengan Soal Matematika Perbandingan dan Pembahasannya. Semoga bermanfaat!

0 Response to "Soal Matematika Perbandingan dan Pembahasannya"

Post a Comment