Kumpulan Soal Ulangan Harian, UTS, UKK, dan Ujian Nasional

Kumpulan Soal IPA 6 SD Tentang Ciri Khusus Makhluk Hidup dan Pembahasannya

Kumpulan Soal IPA 6 SD Tentang Ciri Khusus Makhluk Hidup dan Pembahasannya : setiap makhluk hidup memiliki ciri khusus. Hal itu berfungsi untuk beradaptasi dengan lingkungannya. Di bawah ini adalah beberapa contoh soal Tentang Ciri Khusus Makhluk Hidup yang disertai dengan Pembahasannya.

1. Untuk mengelabui musuhnya pada saat dikejar maka cecak akan ....
Pembahasan:
Cecak akan memutuskan ekornya ketika dikejar oleh musuh. Hal itu bertujuan untuk mengelabui musuhnya. Kemampuan cecak memutuskan ekornya disebut sebagai kemampuan autotomi.

2. Nephentes adalah tumbuhan yang hidupnya di rawa-rawa yang mempunyai ciri khusus berupa daun seperti piala yang dindingnya licin. Fungsi ciri tersebut adalah …
Pembahasan:
Nephentes (kantung semar) adalah salah satu tumbuhan insektivora atau tumbuhan yang memakan serangga. Tumbuhan ini habitatnya di rawa-rawa, dmana tempat yang kurang unsur nitrogen. Sehingga, untuk memenuhi kebutuhan nitrogen tersebut, ephentes mempunyai bentuk daun seperti kantung dengan dindingnya yang licin. Hal itu fungsinya adalah untuk menjebak serangga dan kemudian memangsanya untuk menyerap unsur nitrogen dari serangga tersebut.
Kumpulan Soal IPA 6 SD Tentang Ciri Khusus Makhluk Hidup dan Pembahasannya
Gambar Tumbuhan Kantung Semar

3. Hewan yang memiliki ciri khusus ekolokasi adalah …
Pembahasan:
Ekolokasi atau system sonar merupakan kemampuan makhluk hidup untuk mengetahui jarak dengan memanfaatkan bunyi pantul. Beberapa hewan yang memiliki kemampuan ekolokasi adalah kelelawar, paus, dan lumba-lumba.

4. Hewan yang aktif dan mencari makan di malam hari disebut hewan …
Pembahasan:
Hewan yang aktif di malam hari disebut dengan hewan nocturnal. Hewan ini contohnya adalah burung hantu dan kelelawar.

5. Kelelawar memiliki telinga yang besar berfungsi untuk …
Pembahasan:
Kelelawar adalah hewan mamalia yang bisa terbang. Kelelawar memiliki bentuk telinga yang besar dan juga beralur. Fungsinya adalah untuk menangkap gelombang pantulan dari lingkungan sekitar dan kemudian diterjemahkan dalam otaknya. Sehingga, kelelawar tak akan menabrak ataupun tersesat ketika mencari mangsa di malam hari.

Demikian informasi yang bisa disampaikan perkaitan dengan Kumpulan Soal IPA 6 SD Tentang Ciri Khusus Makhluk Hidup dan Pembahasannya. Untuk mempelajari soal-soal latihan lainnya yang berhubungan dengan ciri-ciri khusus makhluk hidup bisa Anda kunjungi DISINI. Selamat belajar dan semoga sukses!!!

0 comments:

Post a Comment