Contoh Soal Cerita Matematika Kelas 3 SD dalam Penjumlahan dan Pengurangan

Contoh Soal Cerita Matematika Kelas 3 SD dalam Penjumlahan dan Pengurangan : Sahabat pembelajar dimanapun Anda berada, kami ucapkan selamat belajar dan semoga Anda semua sukses dalam menggapai cita-cita kalian. Kali ini, kami akan berbagi tentang beberapa contoh soal cerita pada mata pelajaran Matematika di kelas 3 sekolah dasar yang berhubungan dengan penjumlahan dan pengurangan. Beberapa kumpulan contoh soal cerita pada matematika 3 sd bisa Anda pelajari secara mandiri maupun juga bersama dengan orangtua.

Adapun beberapa Contoh Soal Cerita Matematika Kelas 3 SD tentang Penjumlahan dan Pengurangan adalah sebagai berikut.

Selesaikan soal berikut dengan benar!
1. Di perpustakaan ada 5.255 buku. Dipinjam para siswa 1.425 buku. Berapa bukukah yang masih ada di perpustakaan?

2.  Pak Radi menanam 4.345 benih kacang. Ternyata  155 benih mati.  Berapa benih kacang yang tumbuh?

3. Pasien Rumah Sakit A dalam sebulan  2.875 orang. Di antara pasien itu 782 orang adalah laki-laki. Berapa jumlah pasien perempuan?

4.  Kereta api jurusan Jakarta – Semarang  membawa 549 penumpang. Pada saat berhenti di Cirebon naik sebanyak 127 penumpang. Berapakah jadinya jumlah penumpang kereta api itu?

5. Jumlah penduduk Desa Tegalarum 8.149 orang. Jumlah penduduk laki-lakinya 3.945 orang. Berapa jumlah penduduk perempuan di desa tersebut?

6.  Pak Fahmi beternak ikan bawal di dua kolam. Pada saat panen kolam pertama menghasilkan 1.243 ikan. Kolam kedua menghasilkan 968 ikan. Berapakah jumlah ikan yang dipanen seluruhnya?

7.  Pak Muji memelihara ayam petelur 2.194 ekor. Kemudian, ayam itu dijual 1.691 ekor. Berapakah sisa ayam Pak Muji?

8. Toko buku Makmur menyediakan buku tulis  sebanyak  900 buku tulis. Pada  minggu pertama terjual 135 buku. Minggu kedua juga terjual 269 buku. Berapa buku tulis yang tersisa?

9. Seorang penjual mangga pada hari pertama untung Rp 3.200,00. Pada hari kedua untung Rp 2.150,00. Berapakah keuntungan pedagang itu selama dua hari?
Contoh Soal Cerita Matematika Kelas 3 SD dalam Penjumlahan dan Pengurangan

10. Hari ini kantor pos menjual prangko sebanyak 1.625 lembar. Kemarin menjual prangko sebanyak 3.247 lembar. Berapakah jumlah prangko yang terjual hari ini dan kemarin?

Demikianlah informasi yang bisa disampaikan berkaitan dengan beberapa Contoh Soal Matematika Kelas 3 SD tentang Menentukan Bilangan Diantara Dua Bilangan, yang bersumber dari Buku Bse Depdiknas Gemar Matematika -  SD Kelas 3. Selamat belajar dan semoga sukses!!!

0 Response to "Contoh Soal Cerita Matematika Kelas 3 SD dalam Penjumlahan dan Pengurangan"

Post a Comment