Contoh Soal Cerita FPB dan KPK Matematika SD

Contoh Soal Cerita FPB dan KPK Matematika SD : Sahabat yang berbahagia, FPB dan KPK merupakan salah satu materi yang diajarkan di Sekolah Dasar. Untuk itu, kali ini kami akan menyajikan soal tentang FPB dan KPK yang khusus dalam bentuk soal cerita.

Contoh Soal Cerita FPB dan KPK Matematika SD

Adapun Contoh Soal Cerita FPB dan KPK Matematika SD yang bisa kalian kerjakan secara mandiri adalah sebagai berikut.

Soal Cerita FPB
1. Ibu Seni mempunyai 28 kue donat dan 40 kue keju. Kue-kue itu akan dimasukkan ke dalam kotak. Apabila setiap kotak memuat jumlah kue donat dan kue keju dalam jumlah yang sama banyak, maka berapa banyak kotak yang diperlukan oleh Ibu Seni?
Jawab : …………………..

2. Ibu Tati memiliki 42 permen rasa melon, 48 permen rasa anggur, dan 60 permen rasa jeruk. Kemudian, Ibu Tati akan memasukkan ke dalam stoples yang memuat ketiga jenis permen dalam jumlah yang sama banyak.
a. Berapa banyak stoples yang harus disediakan oleh Ibu Tati?
b. Berapa banyak permen rasa melon, rasa anggur, dan rasa jeruk dalam setiap stoplesnya?
Jawab : …………………..

3. Pak Jajat memiliki 20 anggur dan 30 apel. Anggur dan apel itu akan di masukkan kedalam plastik yang jumlahnya sama banyak.
a. Berapa plastik yang diperlukan Pak Jajat untuk membungkus buah itu?
b. Berapa banyak anggur dan apel pada masing-masing plastik?
Jawab : …………………..
 Silahkan pelajari lagi Cara Mengerjakan Soal FPB

Soal KPK
1. Ada 3 lampu di rumah Pak Mandra yaitu lampu kuning, merah, dan hijau. Lampu kuning menyala setiap 5 menit, lampu merah menyala setiap 12 menit, dan lampu hijau menyala setiap 15 menit. Jika lampu yang tiga tersebut dinyalakan bersama pada pukul 10.30. Pada pukul berapa ketiga lampu tersebut akan menyala secara bersama-sama lagi?
Jawab : …………………..

2. Doni, Jaka, dan Soni suka berenang di Kolam Renang Mantap. Doni berenang 3 hari sekali, Jaka berenang 5 hari sekali, dan Soni berenang 7 hari sekali. Jika pada tanggal 2 April 2017 mereka berenang bersama. Pada tanggal berapa mereka akan berenang bersama lagi untuk kedua kalinya?
Jawab : …………………..

3. Lampu Biru menyala 3 menit sekali, lampu Ungu setiap 4 menit sekali. Pada pukul 06.30 mereka menyala secara bersamaan, maka lampu itu akan menyala bersama lagi pada pukul berapa?
Jawab : …………………..

Demikianlah beberapa Contoh Soal Cerita FPB dan KPK Matematika SD yang bisa kalian kerjakan secara mandiri. Selamat belajar dan semoga sukses!

0 Response to "Contoh Soal Cerita FPB dan KPK Matematika SD"

Post a Comment