Contoh Soal Matematika SMP - Kesebangunan Dua Bangun Datar Kelas 9

Contoh Soal Matematika Kelas 9 SMP tentang Kesebangunan Dua Bangun Datar Kelas 9 : Apakah kalian masih ingat dengan bangun datar? Materi bangun datar pernah diajarkan pada kelas sebelumnya dan juga di sekolah dasar, Coba kamu sebutkan bentuk bangun datar yang di lingkungan sekitar. Kita bisa menemukan bentuk-bentuk bangun datar dalam sebuah bangunan rumah, misalnya saja adalah jendela dan pintu berbentuk persegi panjang, lubang ventilasi berbentuk segitiga, dan ubin lantai berbentuk persegi.
Untuk menguji pemahaman kalian tentang Materi Kesebangunan Dua Bangun Datar, kami akan menyajiakn beberapa Contoh Soal yang bisa kalian kerjakan secara mandiri maupun juga secara berkelompok.

Adapun Contoh Soal Matematika kelas 9 SMP tentang Kesebangunan Dua Bangun Datar adalah sebagai berikut.

Kerjakan soal-soal di bawah ini dengan benar!
Latihan 1
1. Tentukan pasangan bangun berikut kongruen atau tidak, dan tentukan alasannya.
a. Dua buah persegi
b. Sepasang segitiga sama sisi
c. Sepasang segitiga sama kaki
d. Sepasang lingkaran
e. Sepasang persegi panjang
jawab : …………………

2. Diberikan segitiga siku-siku dengan ukuran sisi siku-siku berikut ini. Berikan kesimpulan kalian.
a. 6 cm dan 8 cm serta 3 cm dan 5 cm
b. 9 cm dan 15 cm serta 24 cm dan 18 cm.
jawab : ………………….

Latihan 2
1. Tentukan x dan y dari gambar bangun berikut agar kedua bangun tersebut sebangun.
Contoh Soal Matematika SMP - Kesebangunan Dua Bangun Datar Kelas 9
Buku Bse Depdiknas
2. Tinggi menara 3 m. Dina berdiri sejauh 3,75 m dari menara. Di antaranya, sejauh 1,25 m dari menara terdapat tongkat yang ditegakkan. Ujung tongkat, menara, dan Dina, terletak pada satu garis lurus. Berapakah panjang tongkat tersebut?

Demikianlah beberapa Contoh Soal Matematika kelas 9 SMP tentang Kesebangunan Dua Bangun Datar, yang bersumber dari Buku Matematika IX SMP/MTs Bse Depdiknas. Selamat belajar dan semoga sukses!

0 Response to "Contoh Soal Matematika SMP - Kesebangunan Dua Bangun Datar Kelas 9"

Post a Comment